Kumpulan Materi Kuliah Teknik Pertambangan

Senin, 16 Januari 2012

TAHAPAN PERENCANAAN TAMBANG

TAHAPAN PERENCANAAN TAMBANG - Tahapan-tahapan dalam perencanaan suatu kegiatan penambangan dapat diuraikan seperti berikut :

Tahapan Perencanaan Tambang
Tujuan utamanya adalah bagaimana upaya mencapai sasaran program secara optimum (maksimum produksi dan minimum biaya).

  • Perhitungan Metalurgi
Data mentah dari lubang bor, percontoh lain atau data kadar dari tes metalurgi dimasukkan ke komputer dalam bentuk perhitungan seperti analisis screen “metalurgical balance” dan dirangkup membentuk “hole data”
  • Perhitungan Cadangan Bijih
Dalam perhitungan cadangan informasi yang biasa digunakan pada setiap blok adalah
1. Tonase waste, bijih, dan produkta
2. Kadar waste, bijih, dan produkta
3. Ketebalan, elevasi, densitas, dan statistik lainnya.
4. “Y ardage ratio” dan “concetration ratio”
  • Economic Pit Limit
Dapat dihitung sekarang dan akan datang untuk menghasilkan produksi pada biaya minimum yaitu dengan menggunakan informasi yang dikembangkan dari program cadangan bijih dan batasan-batasan ekonomis dan fisis.
Adapun metodenya adalah merinci ciri setiap lubang/blok secara berurutan terhadap batasan-batasan nisbah (kupasan) dan biaya sampai suatu garis “pit limit” dapat ditentukan.
  • Rencana Produksi
Diasumsikan untuk setiap unit produksi. Untuk setiap blok dan interval waktu penambangan dapat ditentukan urutan penggalian, kapasitas pabrik, batasan-batasan peralatan (laju penggalian, faktor-faktor operasi dsb). Dari itu dapat diketahui informasi seperti tonase, kadar dan nisbah yang lain, sehingga dapat dihitung dan dirangkumkan.
  • Pencampuran (Blending/Mixing)
Untuk setiap unit produksi maka laju produksi, kadar dan besaran-besaran lainnya harus dibandingkan secara linear sesuai peryaratan pabrik dan pasar. Jika pencampaian tidak optimum, maka perlu penjadwalan produksi, perencanaan tambang, pencampuran dan diubah sampai mencapai rencana.
  • Ongkos Penambangan
Dapat dihitung pengolahan bijih berdasarkan rencana produksi sesuai standart (perusahaan) untuk menetapkan jumlah pekerja, tenaga (ahli/biasa), perawatan, overhead cost untuk memindahkan satu yard lapisan OB/Ore

TAHAPAN PERENCANAAN TAMBANG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

3 komentar: